Go Green

Posted by Alimuddin Muhammad Friday, January 11, 2013 0 comments

Go Green

Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida, habitat hewan, serta pelestari tanah, dan merupakan salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting.

Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Kita dapat menemukan hutan baik di daerah tropis maupun daerah beriklim dingin, di dataran rendah maupun di pegunungan, di pulau kecil maupun di benua besar.

Hutan merupakan suatu kumpulan tumbuhan, terutama pepohonan atau tumbuhan berkayu lain, yang menempati daerah yang cukup luas.

Pohon sendiri adalah tumbuhan cukup tinggi dengan masa hidup bertahun-tahun. Jadi, tentu berbeda dengan sayur-sayuran atau padi-padian yang hidup semusim saja. Pohon juga berbeda karena secara mencolok memiliki sebatang tegak berkayu yang cukup panjang dan bentuk tajuk jelas.

     Disadari atau tidak fenomena pemanasan global tersebut sebagian besar adalah akibat dari ulah aktivitas manusia di bumi yang kelewat tinggi sejalan dengan trend gaya hidup manusia modern, dimana setiap hari kita saksikan jutaan industri dan kendaran bermotor memuntahkan gas-gas polutan ke atmosfer khususnya CO2

     Kondisi atmosfer kita saat ini ibaratnya seperti keranjang sampah raksasa, yang berfungsi sebagai wadah dari bermacam-macam gas yang dimuntahkan dari bumi. Kondisi ini semakin diperparah dengan semakin tingginya laju pemusnahan vegetasi/pohon oleh manusia yang ada di bumi, seperti pembalakan hutan yang seakan tiada hentinya, yang tidak diimbangi dengan upaya-upaya pemulihan dan pelestarian, sehingga diluar kemampuan alam untuk menetralisir &  mendaurulang kembali gas-gas tersebut.

Telah kita ketahui bersama bahwa saat ini permasalahan hidup semakin meningkat. Dari masalah sampah hingga perubahan iklim, baik yang disebabkan oleh individu


hingga industri skala besar. Semua permasalahan tersebut terjadi di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia khususnya di Ibukota Jakarta.

Di sisi lain, generasi muda merupakan generasi pelaksana masa depan, generasi yang akan melakukan kepemimpinan dan proses-proses kehidupan baik dalam rumah tangga hingga berbangsa dan bernegara sehingga ketika generasi muda kurang memahami ataupun kurang menyadari pentingnya upaya pelestarian dan peningkatan kualitas lingkungan hidup maka masa depan lingkungan hidup akan semakin memprihatinkan.

“unites human nature to awaken solidarity with nature”

            “unites human nature ” adalah sebuah kata yang bermakna menyatukan alam dengan manusia. Seperti yang kita ketahui bahwa manusia  banyak yang  menghiraukan akan global warming. Untuk itu sangatlah tepat jika kata yang menyatukan kembali menjadi tema dalam kegiatan itu.

            “awaken solidarity with nature” bermakna bahwa dengan kita membangkitkan  rasa solidaritas dengan alam maka manusia akan ingat dan akan terus merawat bumi ini.

            Jadi, marilah bersama-sama peduli terhadap linngkungan sekitar kita dan janganlah malas semangat dalam membersihkan lingkungan alam sekitar kita atau di semua lingkungan alam semesta ini

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Go Green
Ditulis oleh Alimuddin Muhammad
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://alie94.blogspot.com/2013/01/go-green.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Copyright of alie94.